Siswi SMPN 1 Kalibawang Raih Juara 3 Olimpiade Sains Nasional

26 07 2011

KULONPROGO (KRjogja.com) –  Novi Erniwati, pelajar kelas 3 SMP Negeri 1 Kalibawang Kabupaten Kulonprogo berhasil meraih juara 3 nasional Olimpiade Sains mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Manado 17-18 Juli 2011 lalu. Novi berhasil membuktikan kendati terhimpit ekonomi, tapi tidak membuatnya surut meraih prestasi gemilang.

Perjuangan putra pasangan Bardi-Sriyana warga Pedukuhan Padaan Ngasem Banjarharjo Kalibawang dalam meraih prestasi mengharumkan dunia pendidikan dan nama Kulonprogo di tingkat nasional tersebut, tergolong sulit dan banyak mengalami batu sandungan. Terutama berkaitan dengan sarana dan pra sarana pendukung menghadapi soal-soal olimpiade. Apalagi Novi berasal dari keluarga miskin dan hanya diasuh seorang diri oleh ibunya, Sriyana. Untuk mengatasi kesulitan dalam mencukupi kebutuhan buku referensi tentang IPS, maka selama persiapan menghadapi seleksi baik ditingkat Kabupaten Kulonprogo maupun DIY, Novi sangat bergantung dengan kalangan guru SMP Negeri 1 Kalibawang untuk menyiapkan keperluan menghadapi seleksi tersebut.

“Keberhasilan saya memang tidak lepas dari jasa bantuan guru dan pak Kepala Sekolah, Sumijo. Selain melakukan pembinaan sejak kelas 1, pak Sumijo bersama guru juga wira-wiri mencarikan buku dan mengantarkan saya ke tempat seleksi,” kata Novi, Jumat (22/7).

Dukungan lain yang diberikan pihak sekolah dalam memperlancar mengikuti seleksi dan meraih juara 3 nasional Olimpiade Sains mata pelajaran IPS adalah penggalangan dana untuk bekalnya selama mengikuti olimpiade di Manado.  “Karena sekolahan kami tidak punya anggaran cukup untuk membiayai siswa yang akan mengikuti lomba maka dengan terpaksa kami urunan dan menggalang dana sampai Dinas Pendidikan,” kata Kasek SMPN 1 Kalibawang Sumijo SPd didampingi Wakasek Heri Setianto dan Urusan Kesiswaan Parjiyana.

Keprihatinan kalangan guru terhadap kondisi ekonomi keluarga Novi semakin bertambah ketika mengantarkan Novi bertolak ke Manado, ternyata dia tidak menggunakan tas baju, melainkan kardus mie instan. Melihat kenyataan itu para guru sedih, apalagi peserta lain semuanya menggunakan tas bagus. “Untuk menjaga perasaannya agar tidak minder, kami pun urunan membelikannya tas dan baju,” tandas Heri Setianto.

Di Manado, cobaan masih dihadapi Novi. Uang sangu Rp 600.000 pemberian guru yang berasal dari sumbangan sejumlah pihak ternyata hilang di hotel tempatnya menginap. “Waktu itu saya hanya berbekal uang Rp 100.000,” kata Novi yang bercita-cita jadi hakim.

Sebelum terpilih sebagai duta Propinsi DIY dalam Olimpiade Sains Nasional IPS, Novi terlebih dahulu mengikuti tahapan seleksi tingkat Kabupaten Kulonprogo. Pada tahapan tersebut Novi bersaing ketat dengan perwakilan SMP se-Kulonprogo. Hasil akhir seleksi, panitia menetapkan 8 pelajar SMP Kulonprogo termasuk Novi Erniwati mengikuti seleksi tingkat Propinsi DIY. Ke-8 pelajar tersebut merupakan perwakilan untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, Biologi dan IPS.

Ditingkat Propinsi DIY, Novi Erniwati bersama teman satu sekolahnya yang mengikuti seleksi mata pelajaran Biologi kembali bersaing ketat dengan 58 peserta lain. Alhasil keduanya lolos dan menjadi duta Propinsi DIY Olimpiade Sains Nasional untuk masing-masing mata pelajaran IPS dan Biologi. Di tingkat nasional, Novi bersaing lagi dengan 395 peserta. Berkat kegigihan dan semangat pantang menyerah, akhirnya Novi Erniwati berhasil meraih juara 3, sedangkan teman satu sekolahan dengannya belum beruntung.

Atas prestasinya, Novi berhak membawa pulang medali perunggu dan uang pembinaan sebanyak Rp 4.000.000,- untuk dipersembahkan kepada ibu tercintanya, tenaga pendidik SMP Negeri 1 Kalibawang dan pemerintah serta masyarakat Kulonprogo.  “Pada saat diumumkan, saya betul-betul terharu sekaligus bangga, bisa membawa pulang medali juara tingkat nasional,” katanya tersenyum seraya berharap ada pihak yang mau jadi orang tua asuhnya sehingga impiannya menjadi hakim bisa terwujud. (Rul)

sumber;

http://www.krjogja.com/news/detail/93433/Siswi.SMPN.1.Kalibawang.Raih.Juara.3.Olimpiade.Sains.Nasional.html


Aksi

Information

One response

11 01 2012
Imroatul Husna Mufida

SPENSAKA hore hore!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: