Jembatan Penghubung Kalibawang-Purworejo Nyaris Putus

22 04 2011

jembatan kalibawang ambrol

jembatan kalibawang ambrol

Kulonprogo, CyberNews. Jembatan penghubung tiga wilayah di Kecamatan Kalibawang nyaris ambrol. Pondasi jembatan di Dusun Degan II, Desa Banjararum, Kalibawang itu longsor dan badan jembatan retak setelah terguyur hujan sangat deras.

Jembatan di atas Sungai Plenggong itu menghubungkan Dusun Kemesu dan Dusun Degan II di Desa Banjararum. Ruas jalan itu merupakan jalan vital karena menjadi jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan Kalibawang dengan Kecamatan Girimulyo dan wilayah Kabupaten Purworejo.

“Kalau tidak lewat sini harus memutar sekitar 5 km, itu pun medannya terlalu menanjak,” kata Petugas Babinsa Kecamatan Kalibawang, Sertu Riyanta (37),Senin (4/4).

Salah satu warga, Joko Budi Haryatno (40) mengatakan, longsornya pondasi salah satu sisi jembatan itu terjadi pada Minggu (3/4) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Pondasi longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah itu. Akibatnya parit tidak muat menampung air yang terkumpul dari arah desa sehingga meluber melewati jembatan dan masuk ke pori-pori pondasi.

Pondasi yang ambrol itu sepanjang 10 meter dengan ketinggian 5 meter. Badan jalan di sisi jembatan selebar 4 meter tinggal tersisa dua meter. Selain itu badan jalan di jembatan juga mengalami retak memanjang.

“Begitu terjadi longsor itu saya bersama pemerintah desa langsung melaporkan ke pemerintah kabupaten,” ujar Riyanta.
Akibat ambrol itu, jembatan itu tidak bisa dilewati kendaraan roda empat bermuatan berat. Mengantisipasi agar tidak membahayakan pengguna jalan, warga memasang papan peringatan di persimpangan kedua ujung jembatan.

“Kami memasang peringatan, kendaraan roda empat dilarang lewat. Kalau ada yang melanggar ya resiko ditanggung sendiri,” tegasnya.

Atas kerusakan pondasi yang mengancam ambrolnya jembatan itu warga berharap pemerintah segera melakukan perbaikan. Sebab jalan itu merupakan satu-satunya jalan bagi warga sehingga sangat vital untuk menunjang aktivitas perekonomian maupun pendidikan anak sekolah.

( Panuju Triangga / CN14 / JBSM )

sumber: http://jateng.gresnews.com/ch/Purworejo/cl/Jembatan/id/2002265/read/1/Jembatan-Penghubung-Kalibawang-Purworejo-Nyaris-Putus

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: