Hujan Deras, Jembatan Degan Ambrol

6 04 2011

KULONPROGO – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo telah menyebabkan Degan II ambrol. Akibatnya pengguna jalan yang melintas harus ekstra hati-hati. Jembatan yang menghubungkan DusunKemesu dan Degan di wilayah Desa Banjarum ini, juga merupakan jalur vital sekaligus jalur alternatif menuju PurworejoJawa Tengah.

Salah seorang warga, Joko Budi Haryanto mengatakan pada Minggu (3/4) kemarin hujan sangat deras mengguyur wilayah ini. Puncaknya terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, yang ditandai dengan melubernya aliran selokan yang menuju ke Sungai Plugon.

Air hujan yang tidak tertampung, akhirnya meluber hingga ke jalan raya. Aliran air ini mengikis pondasi di sisi barat jembatan. Akibatnya, talud pondasi hingga setengah bodi jalan ambrol.

“Hujannya memang sangat deras, dan itu yang menyebabkan jembatan ini ambrol,” jelas Joko.

Untuk menghindari korban jiwa, malam itu juga warga memasang rambu-rambau peringatan darura. Disekitar bahu jalan yang ambrol dipasangi bambu dan beton jembatan.

Menurutnya, akses jalan ini memiliki peranan yang cukup vital. Setidaknya menghubungkan beberapa pedukuhan yang ada di wilayah Banjararum. Tidak sedikit warga dari Purworejo memanfaatkan jalan ini sebagai jalan alternatif.

“Kalau sampai ambrol semuanya bisa memutar lima kilometer,” tuturnya.

Sementara itu Babinsa Koramil Kalibawang, Sertu Rianto, mengaku kejadian ini sudah dilaporkan ke desa dan pemkab. Kemarin pagi perwakilan dari DPU juga sudah mengecek ke lokasi ini. Belum ada kepastian jalan ini akan diperbaiki.

Warga berharap, segera dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Saat ini jembatan ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Khusus roda empat dilarang masuk, dan diarahkan untuk memutar. Meskipun bisa lewat, warga tidak ingin mengambil risiko. Mereka khawatir, jika dilalui kendaraan roda empat, akan memperparah kerusakan jalan dan jembatan.

sumber : http://kulonprogonews.wordpress.com/2011/04/05/hujan-deras-jembatan-degan-ambrol/

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: