Banjir Lahar Dingin, Jalur Yogya-Magelang Putus Lagi

5 03 2011

Banjir lahar dingin terjadi lagi di 5 sungai kawasan Puncak Merapi. Akibatnya, material lahar dingin ini menumpuk di Jalan Raya Magelang-Yogyakarta sehingga ruas jalan itu, lagi-lagi ditutup.

Banjir lahar dingin ini terjadi di 5 sungai yang mengalir dari puncak Gunung Merapi. Termasuk banjir yang terbesar di antaranya di Kali Putih, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Bahkan material banjir lahar dingin yang berupa batu pasir dan lumpur serta puing-puing kayu, menyelimuti Jalan Raya Magelang-Yogya Km 23 sepanjang kurang lebih 75 meter. Dan ketinggian material yang menimbun jalan ini kurang lebih 1-1,5 meter.

Akibatnya, Jalan Raya Magelang-Yogya ditutup dan lalu lintas dialihkan. Dari Magelang dialihkan melalui jalur Kecamatan Muntilan menuju ke Desa Gunung Pring, kemudian menuju ke Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Dari Yogya dialihkan ke Desa Tempel, Kabupaten Sleman menuju ke Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta.

Menurut Subur (45), warga Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Magelang, hujan turun sekitar pukul 16.00 WIB di kawasan puncak Merapi. Yang banjir di antaranya Kali Krapyak, Kali Senowo, Kali Putih, Kali Apu dan Kali Lamat.

Sekitar pukul 16.45 WIB banjir lahar dingin terbesar menerjang di Kali Putih, mengakibatkan material meluap di sepanjang Jalan Raya Magelang-Yogya.

Pantauan detikcom hingga pukul 18.15 WIB penutupan jalan dilakukan dengan memasang 3 portal. Pertama di depan SPBU Gulon, kedua di Pertigaan Margosuko dan ketiga di depan Polsek Muntilan Magelang.

Ratusan warga masih antusias untuk menyaksikan terjadinya banjir walaupun hujan gerimis sampai saat ini masih terjadi. Beberapa warga yang melihat sampai berteduh di rumah-rumah dan pertokoan warga sepanjang Jalan Raya Magelang-Yogya.

Alat berat pun sampai saat ini belum diturunkan untuk membersihkan material. Kondisi listrik di sepanjang Jalan Raya Magelang-Yogya dalam kondisi padam.

(nwk/ken)

sumber: http://forum.vivanews.com/showthread.php?s=d0c8cf58edfb2bf96fcdc8ef8ed39537&p=1232077#post1232077


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: