Disbud Gelar Desa Budaya

22 10 2010

ilustrasi budaya desaYOGYA (KRjogja.com) – Dinas Kebudayaan (Disbud) Propinsi DIY menggelar festival desa budaya Sejak 1-30 November 2010 dengan menampilkan 10 desa budaya unggulan.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari penyelenggraan tahun 2008 lalu seperti tertuang pada Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor:325/KPTS/1995 tentang Pembentukan Desa Bina Budaya atau Desa Budaya. Festifal diikuti 10 desa yangdinyatakan sebagai penyaji unggulan,” ujar ujar Ketua Seksi Adat dan Tradisi Bidang Tradisi, Seni dan Film Disbud DIY, Bugiswanto dikantornya, Kamis (21/10)

Bugiswanto mengatakan saat ini ada 32 desa budaya di DIY dan kesepuluh desa itu adalah Agromulyo Cangkringan Sleman, Jeruk Wudel Girisubo Gunungkidul, Semin Gunungkiidul, Bejiharjo Gunungkidul dan Banjarharjo Kalibawang Kulon Progo. Lalu,  Srigading Saden Bantul, Sendangmulyo Minggir Sleman, Tanjungharjo Nanggulan Kulonprogo, Mulyodadi Bambanglipuro Bantul dan Jatimulyo Girimulyo Kulon Progo.

“Aspek penilaian akan ditekankan pada adat tradisi, seni pertunjukan, kerajinan dan tata ruang serta arsitektural yang sengaja dikedepankan. Keempatnya merupakan unsir budaya yang paling ‘kasat mata’ yang mempermudah pengamatan dan penilaian,” ujarnya.

Mengenai format penyajian, diungkapkanya dilakukan pawai budaya dalam bentuk kirab,adanya pameran atau display. Hal ini untuk memberi kesempatan kepada dewan pengamat untuk menilai berbagi aspek kekayaan desa budaya yang tidak bisa digelar dalam pawai. Dilanjutkan peninjauan lapangan untuk menilai potensi budaya yang tidak bergerak seperti rumah adat, situs, tata ruang dan lingkungan desa.

“Kemudian akan dilakukan dialog antara sesepuh dengan tim pengamat dan terakhir penyajian buku profil desa budaya untuk memberikan informasi yang lengkao terkait dengan pengelolaan desa budaya,”tandasnya. (Fir)

Sumber: http://www.krjogja.com/news/detail/55111/Disbud.Gelar.Desa.Budaya.html


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: