Musibah Angin Ribut Masih Saja Terjadi Pemkab Upayakan Bantuan Perbaikan Rumah

9 10 2010

Kulon Progo, CyberNews. Musibah angin ribut masih saja melanda wilayah utara Kabupaten Kulon Progo. Setelah sebelumnya melanda Desa Banjarharjo dan Banjaroyo di Kecamatan Kalibawang serta Desa Donomerto di Kecamatan Nanggulan, Rabu (6/10) pagi, angin ribut kembali merusakkan dua rumah warga di Desa Giripurwo Kecamatan Girimulyo karena tertimpa pohon.

Kedua rumah warga yang rusak itu berada di Dusun Penggung. Salah satu pemilik rumah yang tertimpa pohon, Parimin (55), mengatakan, angin ribut terjadi Selasa (5/10) sekitar pukul 17.00 WIB.

Angin ribut yang disertai hujan lebat itu berlangsung sekitar 15 menit. Kejadian itu mengakibatkan tumbangnya pohon sengon dan menimpa atap rumahnya. Beruntung, saat kejadian Parimin dan istrinya tidak sedang berada di rumah.

“Kami memutuskan ke kios di dusun sebelah yang lebih aman setelah melihat mendung gelap. Ternyata pagi hari saat kembali, rumah sudah tertimpa sengon yang ada di samping rumah,” ungkapnya.

Rumah lain yang tertimpa pohon adalah milik Tukinem (57). Rumah yang ditinggali ibu bersama seorang putranya itu rusak terhantam pohon kelapa di belakang rumah yang tumbang. Saat kejadian, rumah itu pun dalam keadaan kosong. Tukinem sedang membantu di rumah tetangga yang punya hajat sedangkan putranya belum pulang kerja.

Atas musibah yang menimpa dua rumah tersebut, warga pun kemudian bergotong royong menyingkirkan pohon dan membenahi rumah yang rusak. “Warga kami gerakkan untuk bergotong-royong dibagi di dua rumah agar segera bisa selesai perbaikannya,” kata Kepala Dusun Penggung, Sutarno.

Kasi Perlindungan Masyarakat Kantor Kesbanglinmas Kulon Progo, Made Arsa Wijaya mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan logistik makanan untuk warga yang bekerjabakti di lokasi yang tertimpa musibah. Mengenai kerugian material, Made menyebut sebesar Rp 288 juta untuk di Kecamatan Kalibawang dan Rp 150 juta di Kecamatan Nanggulan.

Mengenai bantuan bahan bangunan rumah (BBR) untuk perbaikan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) akan melakukan inventarisasi rumah yang rusak dan tingkat kerusakannya. Selanjutnya akan diupayakan bantuan dari APBD Kabupaten maupun dari pemerintah provinsi.

( Panuju Triangga /CN26 )

sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/10/07/67065/Pemkab-Upayakan-Bantuan-Perbaikan-Rumah

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: