Warga Perbaiki Puluhan Rumah Rusak Akibat Angin Ribut

3 10 2010

Kulonprogo, CyberNews. Sejak pagi tadi, warga Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang bergotong-royong memperbaiki rumah dan menyingkirkan pepohonan yang tumbang, Minggu (3/10). Puluhan bangunan di desa itu rusak akibat angin ribut disertai hujan sehari sebelumnya. Tidak ada korban jiwa maupun luka, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 313 juta. Pemerintah desa membuka posko penaganan.
“Tadi malam pemerintah desa sudah berkoordinasi dengan Muspika untuk menggerakkan masyarakat gotong-royong dan memberi bantuan logistik makanan maupun bahan bangunan,” ungkap Suwarto, Kepala Desa Banjarharjo di sela kegiatan gotong-royong.
Kesadaran masyarakat untuk saling membantu terlihat sangat tinggi. Warga juga mendapat bantuan tenaga dari Tagana (taruna siaga bencana), Polsek dan Koramil Kalibawang, Pemerintah Kecamatan, serta organisasi sosial kemasyarakatan.
Suwarto mengatakan, pihaknya membuka posko di Kantor Balai Desa untuk menampung laporan dari masyarakat dan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan maupun kabupaten. Bencana angin rebut itu mengakibatkan 38 unit bangunan warga rusak, terdiri dari rumah, dapur, dan kandang ternak.
Selain itu satu sekolah, yakni SMPN 2 Kalibawang juga mengalami kerusakan di bagian atap. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 288 juta untuk kerusakan bangunan dan Rp 25 juta untuk pepohonan yang tumbang.
“Jumlahnya bertambah, kalau laporan sementara hingga semalam memang baru 32 rumah yang rusak. Kami juga masih tetap membuka menerima laporan dari masyarakat,” ujarnya.

Sekretaris Kecamatan Kalibawang, Agus Wiyono Raharjo mengatakan, selain di Desa Banjarharjo, angin ribut juga melanda wilayah Desa Banjaroyo. Sebanyak tiga rumah juga mengalami kerusakan meski tidak begitu parah. Mengenai bantuan logistik bagi warga yang bergotong-royong, pemerintah kecamatan telah menyiapkannya.
“Ada empat karung beras dan satu kardus sarden. Tapi karena jumlah warga yang terkena banyak, memang perlu tambahan. Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabaupaten. Secara prinsip mereka siap, hanya saja mungkin agak tertunda karena hari Minggu,” ujarnya.
(Panuju Triangga /CN12)
sumber:


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: