Puluhan Rumah Rusak Akibat Angin Ribut

3 10 2010

Kulon Progo, CyberNews. Puluhan rumah warga rusak dan pepohonan tumbang di Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, akibat angin ribut disertai hujan lebat, Sabtu (2/10) sore. Tidak ada korban jiwa maupun luka, namun kerugian sementara diperkirakan mencapai Rp 200 juta hingga Rp 250 juta.

Sekretaris Desa Banjarharjo, Bakir mengatakan, berdasarkan laporan sementara yang diterima, jumlah bangunan milik warga yang rusak mencapai 30-32 bangunan. Berupa rumah, dapur, maupun kandang ternak. Selain itu kabel listrik di SMP 2 tertimpa pohon dan jatuh ke jalan raya. Akibatnya lalu lintas di jalan yang menghubungkan Kalibawang-Magelang itu sempat macet selama sekitar satu jam.

Kerusakan bangunan dan tumbangnya pepohonan akibat angin ribut itu menimpa delapan dari 22 pedukuhan yang ada di Banjarharjo. Diantaranya Pedukuhan Duwet II, Ngemplak, Ngrajun, Srandu, Duwet III, dan Cikalan.

“Kerusakan paling parah terjadi di Pedukuhan Duwet II, ada tujuh kepala keluarga yang terkena. Kalau keseluruhan jumlah pohon yang tumbang belum terdeteksi. Lamanya hujan sekitar 45 menit kemudian setelah itu disertai angin kencang berputar-putar sekitar 30 menit,” ungkap Bakir.

Akibat kejadian itu listrik PLN juga padam di empat pedukuhan yaitu Ngrajun, Srandu, Demangan, dan Cikalan. Setelah angin rebut dan hujan yang sempat menggegerkan warga itu mereda, warga langsung bergotong-royong membersihkan puing puing yang berserakan. Namun karena beranjak gelap dan listrik padam, warga memutuskan untuk melanjutkan esok hari.

“Tidak ada korban jiwa dan luka, hanya harta berupa kerusakan rumah, dapur, kandang ternak, dan pohon tumbang. Kerugian diperkirakan sekitar Rp 200 juta – Rp 250 juta. Warga yang rumahnya rusak untuk sementara menumpang di rumah saudara dan tetangga,” paparnya.

Miskidi, salah satu warga Ngrajun yang rumahnya tertimpa pohon mengungkapkan, pada awal kejadian hanya terjadi hujan. Namun kemudian disusul adanya angin kencang dan kabut. Bahkan kemudian terjadi hujan es sebesar butiran kelereng.

“Anginnya kencang sekali, waktu saya keluar rumah kena angin sampai jatuh. Warga panik, saya juga sempat berteriak mengajak warga lain keluar rumah karena ada angin kencang itu,” ujarnya.

( Panuju Triangga /CN27 )

sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/10/02/66694/Puluhan-Rumah-Rusak-Akibat-Angin-Ribut

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: