PDAM Tak Cukupi Pasokan, Warga Gali Sumur Sendiri

20 07 2010

Kulonprogo, CyberNews. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta  (DIY) dinilai warga Dusun Semakeh Tiga, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang tak bisa mencukupi pasokan air bersih. Tiap datang musim kemarau ekstrim seperti sekarang ini warga harus mengambil air dari sungai Tinalah dan Progo.

“Bantuan dana 4 miliar dari proyek pemerintah pusat yang dulu dialokasikan untuk menyerap mata air di sungai Progo tak berhasil, karena sumber mata airnya mati,” kata Ketua Kelompok Kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKLPMD) Mujiono(58), Minggu (18/7).

Menurutnya, Pemdes bersama warga berinisiatif membuat sumur dipinggir sungai Tinalah. Dengan menarik dana swadaya Rp 50 ribu per Kepala keluarga (KK), Pemdes membentuk pengurus kelompok, mendirikan empat  sumur, tower, dan pompa air untuk operasional penyimpanan 1000 liter air bersih di tiap tower yang didirikan.

“Itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih empat Rukun Tangga (RT), perhitungannya satu RT  20 KK,” katanya bersama sejumlah warga saat bergotong-royong pembuatan sumur jubin sedalam dua meter dipinggir sungai Tinalah.

Dia mengemukakan, menggunakan tenaga listrik berkekuatan sekitar 900 Watt, air bersih dari tiap sumur akan langsung tertampung dirumah-rumah warga setelah ditampung di bak penampungan diatas tower tersebut. Air itu digunakan untuk kebutuhan hidup warga sehari-hari. Dari memasak hingga diminum.

“Setelah semua ini berjalan, tiap datang musim kemarau warga tak perlu lagi mengambil air dari sungai Progo dan Tinalah. Mereka cukup membayar Rp 50 per bulan, air sudah tersedia di rumah mereka masing-masing,” jelasnya.

sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/07/18/60024/-PDAM-Tak-Cukupi-Pasokan-Warga-Gali-Sumur-Sendiri


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: