Alat Berat Baru Bisa didatangkan hari ini 31 Mei 2010 | 20:51 wib | Daerah

10 06 2010

Kulonprogo, CyberNews. Memasuki hari kedua setelah bencana tanah longsor yang melumpuhkan akses jalan kabupaten di wilayah kecamatan Samugalih dan Kalibawang belum adanya greget tanggap langsung dari Dinas Pembangunan Umum (DPU).

Hingga siang tadi (31/5) alat berat untuk pengeruk untuk memulihkan debit tanah yang terdapat dibadan jalan sebelum desa Banjarasri belum terselesaikan.

Kepala Desa Sidoharjo Budi Hutomo menjelaskan warga terkendala jangkauan jarak untuk menuju pasa Muntilan Magelang, Jateng. “Sejak pagi tadi bupati kulonprogo ikut kerja bhakti missal bersama warga didusun tiban dan dua tempat longsor didusun boro suci,” ujarnya.

Diakuinya untuk pemulihan sudah ada bantuan dari pemda berupa alat pemadam kebakaran. Alat itu digunakan sebagian sudah bisa memulihkan longosoran yang ringan. Namun ia menyatakan masih terkendala untuk memulihkan satu titik yang menutup jalur didusun Tiban Banjarharjo Samugalih.

“Longsoran disana kalau mau digulingkan langsung tanahnya pada kemiringan tanah dibawahnya ada rumah warga, sementara ini hanya kami ratakan bersama warga supaya bisa dilewati buat jalan kaki,” terangnya.

Dihubungi secara terpisah Kepala DPU Kabupaten Kulonprogo Mohammad Najib mengaku sudah mengadakan pendataan dilapangan langsung. Dinasnya berencana baru bisa mendatangkan alat berat (back hoe) untuk memulihkan longoran yang mengubur badan jalan  di dua titik. Yakni didukun Tiban Desa Sidoharjo Kecamatan Samugalih dan di desa Banjarasri Kecamatan Kalibawang. “Alat sampai dilokasi sekitar pukul sembilan pagi,” pungkasnya.

( Yudi Hadiyanto /CN13 )

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: