Serikat Petani Jangan Seperti Partai Politik

22 05 2010

20/05/2010 06:23:29 KALIBAWANG (KR) – Kaum petani perlu berhimpun dalam suatu wadah sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan. Sebab hanya melalui organisasi, para petani dapat belajar, memperjuangkan kepentingan bersama dan mengubah potensi-potensi individu menjadi kekuatan kolektif.
”Organisasi petani merupakan tempat untuk mengikat paseduluran. Sehingga lahir solidaritas dan gagasan-gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan petani yang sampai saat ini nasibnya selalu terpuruk,” kata Dosen Fakultas Isipol UGM, Arie Sujito MSi, Selasa (18/5).
Hal tersebut dikatakan Ari Sujito saat tampil sebagai pembicara pada workshop Pembangunan Serikat Petani Kulonprogo di Padepokan Dekso Semaken 2 Banjararum Kalibawang yang berlangsung Rabu (19/5) dan diikuti sekitar 40 petani perwakilan dari seluruh kecamatan di Kulonprogo.
Ari mengingatkan, keberhasilan sebuah organisasi bukan diukur dari banyaknya kegiatan yang bisa dibuat oleh para pengurus dan anggotanya. Melainkan lebih penting dari itu, memperjuangkan anggotanya agar lebih sejahtera. Ia juga berpesan agar serikat petani tidak menjadi tempat mendidik orang untuk tidak saling percaya. ”Jangan seperti partai politik, yang mendidik kadernya untuk tidak saling percaya, sehingga ada kompetisi tidak sehat di dalamnya. Sampai-sampai dalam Pemilukada yang dicalonkan bukan kadernya sendiri, tapi malah Yulia Perez dan Maria Eva. Itu karena di antara mereka sendiri saling tidak percaya,” tegas dosen muda yang juga Direktur Eksekutif Institute for Research and Empowerment (IRE) ini.
Ketua panitia Anton Supriyono menjelaskan, workshop tersebut diselenggarakan sebagai persiapan untuk kongres dan deklarasi Serikat Petani Kulonprogo yang akan dilangsungkan Juni 2010. Organisasi ini didirikan untuk memberdayakan petani yang sejauh ini terpinggirkan dalam kebijakan pembangunan.
”Oleh sebab itu petani harus mampu mandiri. Caranya dengan berhimpun untuk menghasilkan gagasan dan langkah nyata untuk membuat petani lebih sejahtera dan memperkuat partisipasi dalam pembangunan,” tandas Anton. (Aks)-s

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: