Saluran air Kalibawang akan dimatikan

22 05 2010

 

pintu air ancol

 

Rabu, 19 Mei 2010 16:46:46

KULONPROGO: Saluran induk Kalibawang atau dikenal selokan Kalibawang yang selama ini digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pengairan yang meliputi 11 kecamatan di Kulonprogo (kecuali Galur) atau seluas 7512 Ha, akan dimatikan selama tiga setengah bulan, mulai 16 Juli- 31 Oktober 2010.

Selokan Kalibawang akan direhab secara total oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) karena selama ini dipandang sudah tak memadai kondisinya.

“Pengerjaan rehab itu memakan waktu enam bulan. Namun pematian atau pengeringannya hanya dilakukan selama tiga bulan setengah,” kata Kepala bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo Agus Wikanto kepada Harian Jogja, Rabu (19/5).

Panjang perbaikan yang dilakukan mulai dari titi nol kilometer di Kalibawang hingga jarak 24 kilometer selokan itu.

Kebijakan ini ditanggapi dengan keresahan dari para petani yang terbiasa menggunakan sarana pengairan lewat selokan Kalibawang itu.
Pematian atau pengeringan selokan itu dipandang terlalu lama dan diprediksikan menimbulkan kerugian yang sangat besar hingga mencapai miliaran rupiah.

Seorang petani asal Nanggulan Wiyono menuturkan selama ini yang dikhawatirkan dari efek pematian air itu adalah kedisiplinan dari pihak penanggungjawab proyek.

“Kami khawatirnya kalau mekanisme buka tutup air dari selokan itu tak disiplin. Pasalnya selama ini yang terjadi kalau ada pengerjaan proyek dengan pengeringan saluran, sering pemborong berlaku seenaknya. Padahal kami sangat tergantung air itu,” katanya.(Harian Jogja/Pribadi Wicaksono)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: