Pasar Bendo Ditawarkan ke Investor

12 03 2010

WATES — Pasar Bendo di Kalibawang yang sekarang ini menjadi pasar mati ditawarkan kepada investor. Pasar Bendo saat ini sebagian hanya menjadi pangkalan ojek saja, padahal lahannya cukup luas.

Kepala Dinas Perindag ESDM Kabupaten Kulonprogo Drs Darto menyatakan hal tersebut Sabtu (6/3) lalu ketika ditemui wartawan di Wates.

Seperti diberitakan, Pasar Bendo yang berdiri sejak zaman Belanda kini sudah lama mati. Namun bangunan fisik yang terdiri kerangka baja serta sebagian gentengnya masih ada.

Matinya Basar Bendo disebabkan munculnya pasar-pasar tradisional baru di sekitarnya seperti Jagalan dan simpang tiga Nyi Ageng Serang yang jaraknya hanya sekitar 4 km dari Pasar Bendo.

Menurut Drs Darto serta Kepala Kantor Penanaman Modal Kulonprogo Ir Subagya, Pasar Bendo cocok untuk pasar spesifik. Misalnya saja pasar buah.

“Mengapa pasar buah? Pertama, karena di Kalibawang merupakan salah satu produsen buah yang andal di Kulonprogo. Yang kedua, Pasar Bendo ini lokasinya tidak jauh dari obyek wisata spiritual Sendangsono dan obyek wisata Ancol,” ujar Subagyo.

Darto menambahkan, kawasan Kulonprogo utara seperti Samigaluh dan Kalibawang ke depan memang digadang sebagai daerah pengembangan agropolitan.

Berkaitan dengan investor yang mungkin ingin masuk di Kalibawang atau Kulonprogo utara, kedua pejabat tersebut sama-sama menyatakan membuka kesempatan investor mengembangkan beberapa pasar tradisional yang sekarang dipandang kurang memadai.

Misanya saja Pasar Kembang Nanggulan. “Pasarnya sebelah barat prapatan Kentheng Nanggulan. Pedagangnya sudah padat sehingga setiap hari pasaran selalu memacetkan lalu lintas. Lahan di sana masih cukup luas untuk perluasan,” ujar Drs Darto.

Lahan itu dapat diperluas menjadi lebih dari 5.000 meter persegi. Sementara pedagang baru ada 360 yang resmi, lainnya menyebar di jalan-jalan. (wid)

sumber: : bernas.co.id Senin, 8 Mar 2010 11:26:23

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: